REVIEW Menikmati Udon HALAL di Marugame Udon

Bagi pecinta makanan Jepang, sepertinya sudah tidak umum lagi untuk mendengar nama udon, soba, dan ramen. Tapi bagi beberapa kalangan masyarakat masih belum bisa membedakan udon, soba dan ramen. 

"Udon, Soba dan Ramen bedanya apa sih ?"

Udon dan Ramen terbuat dari terigu sedangkan soba terbuat dari gandum. Untuk rasa soba sendiri gua masih belum pernah icip-icip, tapi untuk udon dan ramen alhamdulillah di Indonesia sudah banyak resto yang menyajikan menu makanan ini. Untuk membedakan udon dan ramen itu cukup gampang, kita hanya melihat dari bentuknya saja dimana udon akan berbentuk mie dengan ukuran yang besar-besar dan biasanya disajikan dengan aneka lauk seperti ebi tempura, kariage tempura, beef croquette dan sebagainya. Sedangkan ramen memiliki postur mie yang lebih langsing dan tipis-tipis, biasanya disajikan bersama kamaboko, tamago, beef atau chasu (daging babi) dan seaweed. Karena pada umumnya ramen menggunakan daging babi atau air kuah dari babi, gua pun rada milih-milih untuk makan ramen di resto. Terkadang gua pun nanya-nanya terlebih dahulu dengan pelayan disitu, apakah mengandung babi atau tidak. Bahaya buu untuk muslim, karena jelas makan babi itu haram hukumnya :D

Gua sebenarnya gak terlalu berminat dengan udon yaa, karena gua pernah beli udon di salah satu resto dan hasilnya mengecewakan. Mie udon yang sedikit, lauknya yang apa adanya dan gua seperti ngerasa "ya elah, gua juga bisa kali buat kaya gini". Mungkin karena resto tersebut juga tidak terlalu terkenal jadi 'apa adanya' saja yang ditawarkan. Lalu tetiba ketika gua sama suami lagi jalan di salah satu Mall di Bogor, suami pun sempat berhenti ngeliat salah satu outlet MARUGAME UDON. "Ay, udah halal ay .. pengen nyobain", kata suami. Yo wess lah kapan-kapan yaa a, ini masih bulan Ramadhan kan puasa hahahaha.

Dan tibalah hari ini, akhirnya gua sama suami icip-icip udon di resto ini. Untuk designnya cukup unik yaa, suasana dari 'warung udon' nya kerasa dan ketika kita melakukan pemesanan juga sangat cepat pelayanannya. Jadi, gua seperti ngerasa diburu-buru karena mereka sendiri pun penyajiannya cepat hahahaha.

Gua melakukan order dengan menu Beef Curry Udon, Niku Udon, Ebi Tempura, Kakiage Tempura, Beef Croquatte dan Lipton Ice Tea.

all credit belongs to @noshiroyuki


all credit belongs to @noshiroyuki

all credit belongs to @noshiroyuki


  • Beef Curry Udon - 49k
Udon ini berisi udon dengan topping daging dan kuah curry. Gua cukup suka dengan kuahan curry ini tetapi karena curry itu pekat sehingga gua yang makan jadi cepet kenyang ^^a
all credit belongs to @noshiroyuki

all credit belongs to @noshiroyuki


  • Niku Udon - 49k
Udon ini lebih ringan kuahnya menurut gua, karena kuahnya juga yang gak kaya curry. Topping-nya sendiri berisi daging (niku) dan kremesan seperti di ayam kremes, ah gua gak tau namanya ! Gua ngerasa cocok dengan kuah Niku Udon karena memang ringan dan bikin kita gak cepat kenyang ^^

all credit belongs to @noshiroyuki

all credit belongs to @noshiroyuki

  • Kakiage Tempura & Ebi Tempura - 10k & 13k
Kalau ingat 'ebi' gua jadi kebayang-bayang anime "Fairy Tail", si roh cancer yang tiap keluar pasti bilang "EBI". Hahahaha, maafkan OOT jadi yang namanya ebi tempura itu udang dikasih adonan.
Isian dari Kakiage Tempura itu bawang bombay diris tipis, ubi merah diiris tipis dan wortel yang diiris tipis juga. Rasanya juga enak, gua awalnya mikir 'ah ini mah onion ring' tapi enggak juga karena ada rasa wortel dan ubi manis dijadikan satu. 

all credit belongs to @noshiroyuki


  • Beef Croquatte - 12k

Gua kurang suka dengan menu yang ini karena kebanyakan kentangnya, seperti makan perkedel kentang :D

  • Lipton Ice Tea - 10k
Enaknya makan disini itu adalah minuman yang refill. Jadi kalau haus tinggal ambil aja dan tidak dipungun biaya lagi.


Overall, resto ini merupakan resto udon yang sudah mengantongi label HALAL dari MUI. Jadi yang masih ngerasa gak tenang untuk makan udon di resto-resto, silahkan mampir di MARUGAME UDON yang jelas-jelas sudah dapat sertifikatnya. Resto yang memiliki design dan suasana 'warung jepeng' dengan pelayanannya yang super cepat dan fresh from the cook. Kita bisa melihat bagaimana koki-koki itu memasak udon dan menyajikan di mangkok kita tanpa harus menunggu lama atau pun mengantri lama, hanya butuh waktu 2 menit untuk menyajikan menu udon pilihan kita. FREE REFILL, sesungguhnya yang FREE itu saya sukaa hahaha. Anyway, buat keluarga besar dengan membawa anak kecil atau pun hanya berdua dengan suami or pacar atau sekedar hangout bareng gengs, gua rasa tempat ini merupakan tempat yang tepat untuk dinikmati ^^


Range Price:
10k ~ 80k (150k for both)

Location:
Botani Square, Lantai 2, Blok 8-10, Jl. Raya Padjajaran, Tegallega, Central Bogor, Bogor City, West Java 16127

OFFICIAL INSTAGRAM:

Rate:
💗💗💗💗

10 komentar:

  1. Saya juga ga tau soba itu yang mana. Mungkin saya pernah makan tapi ga ngeh, haha... Kalau udon biasanya yang goreng, karena mie nya tebal jadi gampang kenyang. Tapi itu udon kari kayaknya menggoda. Marugame saya sering dengar, tapi belum pernah ke sana.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah. Tenang menyantapnya kalau ada yang halal :)

    BalasHapus
  3. udon saya blm pernah nyoba, kalo ramen pernah hehe... nyobain udon pas makan shabu2 aja :)

    BalasHapus
  4. Saya suka ini. Wkt itu pernah di trakir temen kemari. Akhirnya ketagihan. Saya suka sekali yg pakai telur ditengahya dan keju. Duh lupa namanya.. enaak..

    BalasHapus
  5. awalnya gak yakin mau makan yg satu ini... eh pas udah nyoba jd gak kreatif... Kl udah liat menu lamaaa, ujung2nya... Beef curry udon atau yg ayam :)))))))

    BalasHapus
  6. suka banget udonnya marugame, jd pgn beli :D

    BalasHapus
  7. saya biasa makan di bintaro exchange, memang favorit sih mbak krn memang nyaman makannya krn ada logo halal

    BalasHapus
  8. Marugame udon emang mantap sih, salah satu resto udon favorit terutama yang beef curry kuahnya kental dan enak, porsinya gede abis makan langsung susah jalan karena kekenyangan

    BalasHapus
  9. Ada nih di Margo City Depok, tapi waktu itu masih ragu halal atau ga gitu ga jadi deh. Setelah baca tulisan mbak, jadi yakin ah mau ajak keluarga ke Marugame Udon hehehe tq ya infonya.

    BalasHapus
  10. Aku juga suka banget Marugame Udon. Ini wajib dikunjungi kalau main ke Jakarta soalnya suka banget sama niku udon terus tempuranya. Trus suka ngambil crispy-crispy sisaan gorengannya itu banyak-banyak. Berharap bakal buka cabang di Palembang

    BalasHapus

Instagram