Resep Ayam Rica-Rica ala 'GUA'

Beberapa hari ini sedang asik-asiknya ikutan challenge fotografi, sekaligus belajar masak lagi. Jadi, sepertinya saya harus memasukkan label "Resep Makanan" di blog saya ini yaa ^^a

Kali ini saya mengikuti challenge dari detik food, dimana perlombaan foto dengan tema "Makanan berbuka atau sahur". Intinya sih 'makanan' yaa dan kebetulan saya hobbi foto makanan, bahkan sedang membangun bisnis fotografi khusus foto makanan atau produk. Yuk sekalian intip instagram @fotoprodukbogor , masalah harga masih bisa nego kok asalkan gak merugikan saya aja hihi. Mumpung belum tenar dan ada 'nama' (ngarep aamiin ya rab), jadi harga masih miring ^^v

Eits, lanjut ke topik utama tadi.. Jadi kali ini saya membuat menu makanan nasi goreng dan ayam rica-rica. "Kenapa ambil menu makanan itu ?" Karena lebih gampang aja sih hahaha dan Indonesia itu terkenal dengan nasi goreng + ayam rica-ricanya (kali yaa).



all credit belongs to @noshiroyuki



Resep Ayam Rica-Rica

Bahan:
  1. Ayam
  2. Bawang merah dan putih
  3. Jahe
  4. Daun sereh
  5. Daun jeruk
  6. Cabe rawit dan cabe merah


Cara memasak:
  1. Goreng semua ayam, tidak perlu terlalu matang atau bisa juga matang sampe kering (sesuai selera saja)
  2. Cincang bawang putih dan bawang merah, iris cabe rawit dan cabe merah, geprek jahe dan daun sereh
  3. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, masukkan irisan cabe merah dan cabe rawit, geprekan jahe dan daun sereh
  4. Tambahkan air dan tunggu hingga mendidih (ukuran air sesuai selera, tapi kalau saya sampai ayam terendam)
  5. Setelah mendidih masukkan ayam dan daun jeruk. 
  6. Lalu biarkan hingga air berkurang 😃


Simple dan praktis sih buat ku, karena dulu aku anak kosan yang harus masakin suami. Dibanding beli kan jatuhnya lebih mahal yaa hehehe.. Anyway, aku pake takaran sesuai selera. Jadi, ukuran bahan-bahannya seseleranya aja yang penting usahakan bawang merah dan putih lebih banyak biar gurihnya sampai ke dalam ^^. Happy tummy all


9 komentar:

  1. Mantap bener ini baru lihat fotonya aja udah menggugah selera. Oh, masak ayamnya ga perlu diungkeb ya mbak? Aku biasanya kalao bikin ayam selalu diungkeb dulu, tapi enak nih mau ah dicoba setengah matang gorengnya trus dibumbuin rica2. yummy ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak mba, mungkin lebih enak diungkep kali yaa hihihi. Maklum mba, baru bisa masak jadi yang simple2 aja dulu 😂

      Hapus
  2. Gagal fokus itu rengginang ya Mba? Endut2 deh, jd pengen hehe

    BalasHapus
  3. Gampil banget ini mbak.. Cocok lah ni untuj dipraktekin sekarang.. Secara masih males masak.. Tapi kog males juga ke warung sayur yak... Hauft...

    BalasHapus
  4. Oh cabenya diiris aja ya dan hasilnya jadi agak berkuah. Saya belum pernah masak ini :D

    BalasHapus
  5. Kalau ala gue, pasti ditambah tomat.
    Karena tomat bisa jadi obat awet muda juga ... hehhehhee

    BalasHapus
  6. Fotonya...sukaa!
    Sama kita..ayam enggak diungkep langsung sajaa:)

    BalasHapus

Instagram